Manfaat Google Analytics untuk Pemilik Bisnis

2 komentar

 

Manfaat Google Analytics

Bismillaahirrohmaanirrohim

Halo sobats... Setelah sekian lama tidak mengunggah tulisan yang berkaitan dengan blogging. Namun kali ini saya ingin membagikan artikel khusus kamu yang mungkin membutuhkan informasi terkait manfaat apa dari pemasangan Google Analytics untuk pemilik bisnis. Jadi, bukan semata-mata untuk blogger saja ya. 

Sebelum membahas dari sisi manfaat, alangkah lebih baik jika kita berkenalan terlebih dahulu dengan Google Analytics, ya kan.

Apa Itu Google Analytics

Menurut artikel dalam situs Wikipedia disebutkan bahwasanya, Google Analytics adalah sebuah layanan gratis atau bisa disebut juga dengan fasilitas yang disediakan oleh Google yang menampilkan statistik pengunjung dari sebuah website. Biasa digunakan oleh para pemilik website atau blog yang berfungsi untuk menganalisa kinerja website berdasarkan data-data statistik yang ditampilkan.

Fitur Google Analytics

Dengan kamu menginstal atau pasang Google Analytics ini, maka kamu bisa mengetahui bagaimana performa website kamu dengan menggunakan fitur yang telah disediakannya. Salahsatunya seperti berikut ini:

  • Mengetahui pertumbuhan followers atau pengikut
  • Jumlah pembaca blog bisa terdeteksi dengan mudah
  • Penambahan pengunjung website di tiap waktu bisa diketahui
  • Dapat disambungkan dengan layanan Google lainnya, seperti: Google AdWords, Google Adsense, Google Search Console, maupun sosial media

Selain itu, Google Analytics juga dengan mudah bisa menelusurin informasi seperti iklan, jaringan pay-per-klik, maupun email marketing, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Pemilik website juga diberikan kemudahan apabila ingin mengetahui sejauh mana perkembangan traffik dari website/blog dengan membuat laporan berdasarkan rentan waktu tertentu. Baik harian, mingguan, hingga bulanan. Yang pasti, jika ingin memanfaatkan fitur Google Analytics ini tentu memerlukan akun Google ya, sobats.

Manfaat Google Analytics

Selain dapat meningkatkan performa bisnis, Google Analytics juga memiliki manfaat lain bagi pemilik bisnis dengan menggunakan website atau blog. Supaya lebih paham apa saja manfaatnya, simak lebih lanjut berikut ini:

1. Mengetahui Bagaimana Performa Bisnis

2. Membantu Menyusun Laporan Bisnis

3. Mengenali Informasi dan Target Konsumen atau Pembaca

4. Menjadikan Inovasi dalam Meningkatkan Bisnis

5. Memantau Sumber Trafik secara Real Time

6. Mengetahui Konten Populer

Itu dia 6 Manfaat yang bisa didapat dengan memanfaatkan Google Analytics sebagai tools penunjang para pemilik bisnis. Bisa dikatakan kehadirannya cukup berpengaruh bagaimana sebuah bisnis dikenal. Oleh pengunjung dengan kriteria seperti apa, dari wilayah mana saja. Dan apa yang tengah mereka cari.

Semoga sedikit informasi yang bisa saya bagikan mengenai manfaat Google Analytics ini bermanfaat. Jangan lupa untuk tinggalkan komentar kamu di kolom yang telah disediakan. Sampai jumpa pada artikel tentang blogging berikutnya.

Best regards

Perempuan Mei


Related Posts

2 komentar

  1. Sayangnya blogku masih belum "temenan" sama google analytic ini jadi masih susah mengkoneksikan dan merasakan manfaatnya. Padahal dulu sering dapat job yang kliennya minta laporan berupa GA ini. Semoga nanti wordpress bisa lebih longgar. Eh, apa jangan-jangan sekarang udah bisa dan akunya aja yang gak tahu ya? hehe.

    BalasHapus
  2. Buat yang punya bisnis, GA ini bisa dimanfaatkan buat perkembangan bisnis ke depannya ya. Bisa jadi bahan evaluasi melalui berbagai parameter yang terukur di sana. Pemilik bisnis harus mulai perhatian nih sama fitur-fitur yang ada di GA :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Subscribe Our Newsletter